Kamis, Maret 05, 2009

BERBAGAI KONDISI YANG MENDUKUNG PENENTUAN MEREK (BRAND)

Dapatkah anda mengingat kembali nama merek (brand) untuk map arsip, rangka tempat tidur, steker kabel listrik, atau paku? Berdasarkan contoh tersebut, tidaklah selalu mudah untuk membangun merek yang terpercaya.

Kondisi berikut ini mendukung penentuan merek yang sukses :

  1. Produknya mudah untuk dinamai dan diidentifikasikan berdasarkan merek atau merek dagang.

  2. Kualitas produk mudah dipertahankan dan memiliki nilai terbaik dalam hal harga.

  3. Memiliki ketersediaan yang dapat diandalkan dan tersebar. Ketika mulai menggunakan sebuah merek, pelanggan ingin dapat terus menggunakannya.

  4. Permintaan cukup kuat sehingga harga pasar cukup tinggi untuk membuat upaya pembangunan merek menguntungkan.

  5. Terdapat skala ekonomis. Jika penentuan merek sangat sukses, biaya akan turun dan keuntungan meningkat.

  6. Lokasi rak atau tempat pajang yang baik di toko akan membantu. Ini merupakan hal yang dapat dikendalikan oleh peritel ketika mereka memiliki merek untuk produk mereka sendiri.

Secara umum kondisi-kondisi ini kurang lazim di negara-negara atau daerah-daerah yang perekonomiannya kurang berkembang, dan hal tersebut menjelaskan mengapa upaya untuk membangun merek dalam negara-negara kurang berkembang sering kali gagal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Isikan komentar anda mengenai artikel yang diterbitkan. Komentar tidak boleh menyangkut SARA dan menghujat. Komentar harus bersifat mendidik dan membangun. Terima kasih.