Minggu, Februari 08, 2009

TEKNOLOGI INTERNET MENGUBAH BENTUK PASAR BISNIS (KEDUA)

Diperlukan lebih banyak kemajuan dan inovasi
Ketika hal-hal lain dari bauran pemasaran seorang pemasok adalah sama, seorang pembeli jelas akan lebih menyukai harga rendah. Akan tetapi, “hal-hal lainnya” tidak selalu sama. Kita perhatikan contoh ini, misalkan mengapa seorang pembeli mungkin lebih menyukai hubungan akrab dengan lebih sedikit penjual. Maka, perangkan internet yang terutama memfokuskan pada penurunan harga beli tidak harus menurunkan total biaya pembelian atau memberikan keuntungan pada semua jenis pembelian.

Sistem pesanan e-commerce sudah lazim
Sistem e-commerce kini secara otomatis menangani pesanan rutin dalam porsi besar. Para pembeli memprogramkan tatanan keputusan yang memberi tahu komputer cara memesan dan meninggalkan detail-detail yang sudah lengkap. Misalnya, ketika sebuah pesanan untuk bahan-bahan atau komponen tertentu masuk, sistem komputer itu secara otomatis memesannya dari pemasok yang tepat, menentukan tanggal pengirimannya, dan menjadwalkan produksinya.
Jika kondisi ekonomi berubah, para pembeli memodifikasi instruksi komputernya. Namun, ketika tidak terjadi sesuatu yang luar biasa, sistem komputer itu terus melakukan pembelian ulang secara rutin sesuai perkembangan kebutuhan - secara elektronik mengirimkan pesan pembelian kepada pemasok regulernya.

Tentu saja, merupakan penjualan yang besar jika terpilih sebagai pemasok utama yang secara rutin menerima semua order elektronik dari seorang pelanggan untuk produk-produk yang anda jual. Seringkali pelanggan seperti ini akan lebih terkesan oleh bauran pemasaran (marketing mix) yang menarik untuk keseluruhan lini produk dari pada hanya pada harga yang lebih rendah untuk pesanan tertentu. Lebih jauh, mengubah keseluruhan sistem pembelian hanya karena seseorang menawarkan harga rendah pada saat tertetu bisa menjadi terlalu mahal dan sulit.

Pelanggan jasa kecil menyukai pembelian via internet
Perusahaan kecil bidang jasa yang tidak banyak menarik perhatian pribadi para wiraniaga sering mengandalkan e-commerce bagi banyak pembelian mereka. Pembelian oleh pelanggan-pelanggan kecil dapat meningkat - maka bagi banyak pemasok, pelanggan-pelanggan kecil ini merupakan pasar target yang penting. Jumlah pemasok yang melayani kebutuhan pelanggan ini dengan memanfaatkan situs web yang dirancang khusus semakin banyak. Sebuah situs web yang dirancang secara baik dapat efisien bagi pelanggan maupun pemasok. Pelanggan bisnis memperoleh informasi, memberi order, atau menindaklanjuti dengan telepon atau email untuk mendapatkan perhatian pribadi dari seorang wiraniaga atau petugas layanan pelanggan ketika diperlukan.

Para pembeli melihat tampilan komputer secara seksama
Saat ini, kebanyakan perusahaan besar menggunakan sistem yang canggih untuk mengisi kembali persediaan. Pemindai (scanner) di bagian pengecekan memantau persediaan keluar - dan komputer menggunakan data ini untuk memperbarui catatan. Pedagang ritel dan grosir pun menggunakan sistem pengendalian otomatis yang menghasilkan laporan harian yang memperlihatkan penjualan setiap produk. Dengan informasi seperti ini, para pembeli mengetahui, secara rinci, profitabilitas dari beraneka macam produk yang bersaing. Jika sebuah produk tidak mengalami pergerakan, peritel mungkin enggan menerima permintaan seorang wiraniaga agar produknya lebih diperhatikan atau permintaan tambahan ruang di rak.

Mesin pencari kehilangan basis data (database) yang penting
Banyak manajer yang tidak menyadari bahwa informasi yang tersimpan di internet berada dalam format database yang tidak ditemukan menggunakan mesin pencari situs web standart. Untuk mencari informasi dalam database tersebut, pertama-tama anda harus melokasi situs web dengan database yang relevan dan kemudian menggunakan software di situs tersebut untuk melakukan pencarian ke dalam database. Direktori-direktori yang mendeskripsikan database situs membantu untuk tahap pertama.

Kelompok minat khusus di internet
Banyak manajer pemasaran bergabung dengan kelompok diskusi atau milis yang berbagi informasi mengenai topik tertentu. Menjadi anggota kelompok semacam ini seperti berlangganan buletin elektronik. Mirip dengannya, beberapa situs web menyediakan notifikasi email otomatis ketika informasi yang ditawarkan diperbarui. Layanan ini sangat bermanfaat karena informasi datang kepada anda secara otomatis - bahkan sebelum anda menyadari bahwa informasi itu ada. Malahan, informasi tersebut bisa jadi tersedia di situs web perusahaan pesaing. Rilis pers pesaing atau lowongan kerja yang mereka tawarkan kadang menyediakan informasi penting mengenai rencana ke depan. Microsoft, misalnya, menaruh perhatian besar pada daftar lowongan pekerja yang dimuat di situs pesaingnya.

Beberapa manajer pemasaran menggunakan pendekatan yang lebih aktif. Mereka masuk ke dalam blog atau kelompok-kelompok diskusi online untuk “mencuri dengan” atau mengajukan pertanyaan ketika para konsumen sedang mengobrol tentang perusahaan atau merek tertentu. Mesin pencari khusus, seperti Blogdex dan Google Groups, akan membawa anda ke jenis situs semacam ini.

1 komentar:

  1. yuph. . .betul skali boz.
    profesi didunia cm 2. penjual atau pembeli..

    BalasHapus

Isikan komentar anda mengenai artikel yang diterbitkan. Komentar tidak boleh menyangkut SARA dan menghujat. Komentar harus bersifat mendidik dan membangun. Terima kasih.