Sabtu, Februari 07, 2009

7 Alasan Utama Mempromosikan Suatu Bisnis Melalui Internet

Walaupun sudah memiliki bisnis ‘offline’ sendiri, mempromosikan bisnis melalui internet tetap PENTING.

Karena hal ini yang akan membuat selangkah lebih maju daripada kompetitor. Bahkan juga bisa melipatgandakan keuntungan. Mengapa begitu?

Karena internet memiliki kelebihan-kelebihan berikut ini:

1. Siap Sedia 24 Jam
Tidak seperti praktek bisnis offline lainnya yang layanannya tergantung pada hari kerja dan jam kerja, web site selalu siap sedia 24 jam serta bisa diakses oleh pelanggan dari mana saja dan kapan saja.

2. Menjangkau Pangsa Pasar Yang Tertarget
Melalui promosi online, bisa secara efektif memasarkan bisnis berdasarkan pangsa pasar yang ditargetkan. Baik dari segi area, minat, kebutuhan pelanggan, bahasa, dan lain-lain.

3. Mengangkat Citra Bisnis
Dengan memiliki sebuah web site, citra (image) bisnis bisa terangkat. Walau bisnis tidak besar, tetapi melalui kehadiran secara online, citra bisnis akan terangkat dibandingkan kompetitor lain dan bisa bersaing dengan perusahaan besar.

4. Biaya Pemasaran Yang Lebih Efektif Dan Efisien
Karena pemasaran melalui internet sangat tertarget dan biaya relatif lebih rendah dibanding pemasaran offline, sehingga biaya yang dikeluarkan untuk pemasarannya juga lebih efektif dan efisien.

5. 'Memposisikan' Bisnis Di Masa Depan!
Semakin hari, semakin banyak bisnis yang hadir secara online. Demikian juga kompetitor . Kalau tidak sekarang, kelak pun mereka akan menghadirkan bisnisnya melalui internet. Karena itu, kehadiran situs bisnis di internet, setidaknya telah menolong memposisikan bisnis di masa depan.

6. Mempermudah Dalam Membangun Hubungan Baik Dengan Pelanggan.
Karena internet adalah media yang interaktif, dapat dengan mudah menjalin komunikasi dan menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Baik itu melalui newsletter, ‘kotak saran’, survey/polling, forum,dll. Kelebihan macam-macam ‘perangkat’ ini, bisa melayani banyak pelanggan dalam satu waktu.Lebih hemat waktu, tenaga dan biaya bukan ?! :-)

7. Sistem Otomatisasi Yang Responsif
Melalui sistem otomatisasi, web site bisa memberikan respon dengan cepat jika datang ‘pesanan’ atau permintaan informasi bisnis yang lebih lengkap dari pelanggan. Di jaman yang serba instan ini, kecepatan layanan adalah yang utama bukan?! :-)

2 komentar:

  1. selamat pagi....
    sblmnya, trimaksih atas masukannya...
    pak Ahmad helmy saya mau tanya bagaimana caranya kita mau mempromosikan produk kita melalui internet??? trima kasih

    bye akhdan_m@yahoo.co.id

    BalasHapus
  2. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas pertanyaan pak Akhdan.

    Sebenarnya konsep pemasaran internet tidak jauh berbeda dengan pemasaran pada umumnya.

    Dalam hal ini kita juga harus menerapkan 4p (produk, price, promotion, place) dalam memasarkan produk kita melalui internet.

    namun begitu saya akan memberikan beberapa gambaran sederhana mengenai promosi internet.

    - Targetting
    maksudnya disini adalah kepada siapa saja produk anda akan ditawarkan. hal ini akan sangat membantu anda dalam mempersiapkan campaign promotion produk anda.

    - Tata Bahasa
    Penggunaan tata bahasa dalam iklan harus mutlak dikuasai dan dipahami agar customer maupun calon customer anda memahami dengan benar dan tepat produk anda.

    dan lain-lain....

    Beberapa cara sederhana namun dapat mendongkrak popularitas dan penjualan produk anda :

    - Websites
    Buat website khusus sebagai wadah untuk customer maupun calon customer anda dalam mencari informasi seputar produk anda.
    Nah untuk website ini sendiri kita juga harus memahami konsep-konsep SEO (Search Engine Optimizion). Bagaimana anda menggunakan design dan scripting program yang baik untuk website anda. Pentingnya penggunakan meta tag, title dan keywords yang benar. Hal ini bertujuan untuk memudahkan mesin pencari dalam mengindeks halaman website kita. Semakin baik konsep dan strategi design dan scripting program website kita maka akan semakin mempermudah mesin pencari dalam mengindeks halaman website kita. Dan dengan beerapa kita dan strategi tertentu kita dapat memposisikan website kita minimal pada urutan 5 teratas dari mesin pencari.

    - Komunitas
    Buat website khusus untuk mewadahi para pelanggan setia anda. Disini kita harapkan agar para custumer dan calon customer anda tersebut benar-benar terbantu dan terlayani dengan baik. Dengan strategi dan penanganan yang benar terhadap komunitas inti ini dapat mempermudah anda dalam memberikan informasi dan layanan terbaru dari produk anda.

    - Berikan pelanggan account khusus
    Berikan pelanggan account khusus yang berfungsi untuk memudahkan mereka dalam mencari informasi dan bertransaksi dengan anda. Dan bantulah mereka. atau bila diperlukan beri mereka website pribadi dengan subdomain sendiri dari website induk anda.

    - Berikan fasilitas email gratis
    Berikan customur anda fasilitas email dari perusahaan anda dan gunakan mail list. Ini juga sekaligus berfungsi sebagai mesin informasi otomatis bagi anda dan customer anda.

    - Iklankan produk
    Iklankan produk anda. anda dapat mengiklankan produk anda melalui beberapa jasa iklan di internet. Namun berhati-hatilah! Tidak semua jasa layanan iklan di internet baik. Maksud hati ingin menaikkan popularitas produk, tetapi dengan salah memilih jasa pengiklan produk anda kan menjadi menurun popularitasnya dan bahkan malah dianggap produk tidak berkualitas. Untuk itu berhati-hatilah. Namun ada beberapa jasa pengiklan yang bagus menurut saya. misalkan saya google. anda dapat menggunakan fasilitas iklan dari google melalui google adwordsnya. untuk info lebih lanjut kunjungi http://adwords.google.com

    Untuk beriklan melalui google anda juga harus mempunyai strategi yang tepat. Karena biaya iklan tidaklah murah... untuk itu siasatilah...

    - Adakan online event
    adakan event-event yang sifatnya online. hal ini bertujuan agar selalu terjaga hubungan dan interaktifitas anda dengan kustumer anda. Atau bila perlu siapkan website khusus untuk memfasilitasi hal tersebut. Dan simpan kedalam database setiap event yang diadakan baik secara online maupun ofline. misalnya memalui gallery photo maupun kumpulan video.

    dan lain-lain....


    Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan kepada pak Akhdan. Mudah-mudahan penjelasan singkat saya dapat membantu anda.

    Untuk pertanyaan khusus mengenai strategi, konsep, SEO dan scripting website dapat anda sampaikan melalui email saya di helmy@flashindomedia.com. Insya Allah akan saya jawab dan saya bantu.

    Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu.

    wassalam,

    Ahmad Helmy

    BalasHapus

Isikan komentar anda mengenai artikel yang diterbitkan. Komentar tidak boleh menyangkut SARA dan menghujat. Komentar harus bersifat mendidik dan membangun. Terima kasih.